Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Ngaglik (22/3). Bertempat di Balai Desa Ngaglik Tim dari Puskesmas Bulukerto mengadakan sosialisasi program pemerintah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Dihadiri semua Perangkat Desa, Ketua RT dan RW, serta Kader Posyandu sosialisasi ini menjelaskan tujuan dan manfaat dari program ini.

Bapak Lukman petugas Dinas Kesehatan Kecamatan Bulukerto mengatakan perlunya penguatan layanan Puskesmas agar masalah kesehatan masyarakat tidak sampai ditangani oleh rumah sakit. Hal ini ditegaskannya saat meninjau implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Puskesmas Bulukerto.

”Jadi filosofi PIS-PK itu kesehatan yang harus diperkuat ada di pelayanan primer, yaitu Puskesmas. Sehingga kalau Puskesmas kuat (pelayanannya) masyarakat tidak usah ke rumah sakit jika jatuh sakit,” kata bapak Lukman. Layanan kesehatan di tingkat primer harus kuat dari segi sarana prasarana. Karena, lanjut bapak Lukman, Puskesmas itu meluaskan pelayanan, tidak hanya bekerja di dalam ruangan. Tim survei yang terdiri dari 10 Tim akan terjun langsung bersama ketua RT ke masyarakat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Bapak Kepala Desa Ngaglik Roni Prama Putra mengapresiasi penerapan PIS-PK di Puskesmas Bulukerto dan diharapkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih tinggi dan lebih bermutu.

Dengan diterapkannya PIS-PK, Puskesmas Bulukerto dapat mengetahui beberapa masalah kesehatan yang tak diduga sebelumnya. Setelah diketahui itu, nantinya akan ditindak lanjut dengan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan